Saturday, October 18, 2014

Mencari Syurga bersama Yatim Mandiri

Masih ingat kisah Azzam tokoh utama dalam cerita “Ketika Cinta Bertasbih ?”.  Dalam film hasil adaptasi novel “Ketika Cinta Bertasbih (KCB)” karangan Habiburrahman el Shirazy ini berkisah tentang perjuangan Azzam untuk keluarganya. Azzam yang menuntut ilmu di negeri para nabi yakni Mesir, sampai harus menunda kuliahnya demi kerja keras membiayai hidupnya sendiri termasuk membiayai 3 adiknya (Husna, Lia dan Sarah) dan Ibu mereka di kampung kecil di kota Solo. Usaha bakso dan tempe yang dijalaninya cukup bisa diandalkan sebagai penyokong utama kebutuhan hidupnya. Itulah salah satu alasan Azzam sampai harus menunda kelulusan kuliahnya.
Azzam adalah seorang yatim, sejak ditinggal Ayahnya mengahadap Illahi, Azzam harus berpikir dan berusaha keras menggantikan peran Ayahnya. Azzam bertekad membiayai adik-adiknya untuk terus sekolah. Beruntungnya orang tua Azzam yang bisa mendidiknya sehingga menjadi pribadi luar biasa, yang tidak mudah menyerah dengan keadaan meskipun dalam kondisi yang serba terbatas. Meski ditinggal Ayahnya, Azzam sangat siap menjalani dan menggantikan peran Ayahnya dalam keluarga. Terbukti dari adik-adik yang terus sekolah menuntut ilmu tanpa terputus.
Kisah Azzam ini memang ada dalam sebuah novel, film dan sinetron, bisa jadi Anda juga mengalaminya bukan? Atau Anda adalah salah satu dari sosok seperti Azzam itu sendiri?.
Menjadi yatim tentu bukanlah cita-cita. Jika keadaan ini menimpa pada diri kita, itu semua adalah takdirNya yang tidak bisa kita tolak. Apakah harus meratap, menyesali bahkan menggugat takdir ini? Tentu saja sebagai hamba Allah kita wajib mengimaninya, menerimanya dengan ikhlas. Tak banyak pribadi yang sekuat Azzam saat menghadapi takdir sebagai seorang Yatim. Seorang yang kehilangan sosok Ayah yang sangat berarti dalam hidupnya. Ayah yang menanggung beban nafkah keluarga, ketika sosok ini pergi tentu goncanglah keluarga. Tidak hanya kegoncangan ekonomi, karena sumber nafkah tiada tetapi juga kegoncangan dari sisi mental karena hilangnya sosok pemimpin keluarga.  
Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk mengasihi, menyayangi bahkan mengurus anak yatim. Dari Sah’l bin Sa’ad RA dia berkata: Rasulullah SAW bersabda : “ Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak Yatim (kedudukannya) di dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jarinya yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya. “ (HR. Imam Al-Bukhari).  Anak yatim yang dimaksud menurut pengertian syara adalah setiap anak laki-laki atau perempuan yang ditinggal mati oleh ayahnya sedangkan anak tersebut belum baligh (walaupun ia masih punya ibu kandung).
Sosok anak yatim sebagai mana dimaksud dalam hadist Rasulullah SAW seperti di atas, tentu sangat membutuhkan bantuan juga bimbingan. Meskipun dia masih mempunyai Ibunya, terlebih jika Ibunya pun tidak mempunyai penghasilan tentu lebih layak lagi untuk dibantu.
Nah, buat Anda, Saya dan siapapun yang ingin mencari syurga, kita mengamalkan hadist Rasulullah ini. Carilah yatim di sekitar kita bisa kerabat, tetangga atau bahkan orang yang tidak kita kenal sama sekali. Untuk melakukan amalan ini, saat ini tidaklah susah. Anda hanya perlu niat kuat dan kemauan untuk menjadi penghuni syurga melalui jalan ini. Sekarang banyak sekali lembaga yang bisa memfasilitasi niat mulia Anda ini, salah satunya bisa melalui yatim mandiri. Anda bisa menyalurkan donasi Anda kepada yatim mandiri dengan berbagai cara, di antaranya :
a.    Cara on line
Berbagai kemudahan diberikan untuk menyampaikan donasi secara online seperti transfer donasi via ATM, e-banking, mobile banking, donasi dengan kartu kredit serta donasi via paypay, info lengkap kunjungi www.yatimmandiri.org
b.    Cara offline
Anda bisa menunaikan  zakat, infaq, shadaqah dengan mudah dengan hanya menghubungi Kantor Layanan terdekat, ZIS Consultant siap membantu Anda dalam pendampingan, konsultasi, dan penjemputan donasi melalui fasilitas Jemput donasi Gratis. Selain itu Anda juga bisa berdonasi sambil berbelanja dengan mengunjungi Counter Center yang terdekat dengan Anda.
             Tidak perlu khawatir dengan penyaluran donasi Anda. Donasi yang Anda sampaikan akan dikelola dengan amanah oleh yatim mandiri. Berikut foto-foto kegiatan penyaluran donasi yatim mandiri :

                                         a. Program YES Layanan Kesehatan
                      b. Program BISA Pelatihan Homemade Ice Cream buat Bunda Yatim
                                 c. Buka Bareng Yatim dan Olimpiade Yatim
                                        d. Penyaluran SOSIS Super Gizi Qurban

             dan...masih banyak program-program lainnya...silahkan ulik langsung informasinya di www.yatimmandiri.org
   
            Selanjutnya, silahkan dipilih cara donasi yang paling nyaman menurut Anda..Setiap donasi yang Anda salurkan, sangat berarti bagi mereka. Cara ini bisa menjadi salah satu tiket Anda menuju syurga. Insya Allah.

No comments:

Post a Comment