Friday, February 15, 2013

Belajar Menjadi Super Mom


Saya adalah seorang Ibu dari satu putri cantik bernama Farras. Layaknya ibu-ibu yang lain, saya pun berkeinginan memberikan yang terbaik buat putri saya. Saat ini Farras berusia menjelang 3 tahun 4 bulan pada tanggal 27 Februari 2013 nanti. Anak dengan seusia itu tentunya rawan sekali kalau sampai terlewatkan masa-masa keemasannya yang sering disebut dengan istilah Golden Age. Sayangnya saya tidak bisa setiap saat, setiap waktu, setiap menit bahkan setiap detik menemani hari-hari Farrasku. Yup, I'm Not a full time Mother, Saya Ibu Pekerja alias Wanita Karir. Kondisi yang saat ini membuat saya kadang bingung harus melakukan apa...Rasanya berat tiap kali saat harus meninggalkan Farras...melihatnya menatap sedih setiap kali kupamiti saat berangkat ke kantor. Bahkan setiap hari, anak sekecil itu harus kupahamkan bahwa ibunya pergi sementara untuk bekerja, bahwa ibunya meminta maaf karena ada waktu yang tidak bisa dilalui bersama di hari-hari kerja (senin sampe jumat) dari jam 07.30-16.00 (kira-kira 8,5 jam) waktu yang tentunya sangat lama..setiap malam senin sampe malam jumat saya harus meminta ijin padanya, meminta pengertiannya bahwa esok hari saya ibunya gak bisa menemaninya selama di tempat kerja. Bahkan permintaan dan ijin pun saya ulang setiap kali memandikannya waktu pagi hari dan menyuapinya saat sarapan.


Di sisi lain, saya adalah Wanita Karir tanpa Asisten Rumah Tangga (ART)...entah mengapa saya belum bisa percaya dengan ART. Selama pekerjaan-pekerjaan rumah tangga bisa saya kerjakan sendiri, maka saya merasa belum membutuhkan bantuan ART...tugas menjaga Farrasku saat kutinggal kerja, saya amanahkan kepada tetangga dekatku yang kukenal baik olehku juga Farrasku. Saya membiasakan Farras memanggilnya Budhe..ya, beliau adalah Ibu Asuh Sementara bagi Farras. Alhamdulillah Farras juga cocok dengan beliau.

Namanya juga anak-anak...ada saat dia bener-bener gak mau ditinggal...saat kupamiti : Ummi hari ini ke kantor...Farras main di rumah Budhe ya...dia langsung jawab : Gak Mau....maunya ikut ummi...maen di kantor...sambil nangis...nah, kalo dah begini saya paling gak tega, Jadinya ya...Farrasku kubawa ke kantor...semua temen2 kantor paham benar kalo saya paling sering bawa anak ke kantor. Bahkan di ruang saya, saya siapkan kasur lipat kalo-kalo Farrasku ngantuk kelelahan pengen tidur. Saat ngajar praktikum mahasiswa, kusampekan materi dengan menggendong Farrasku. Dia tahu banget seluk beluk kantorku. Anak-anak mahasiswa juga sudah biasa  kalo ada Farras..mereka akan dengan senang hati menawarkan diri 'momong' Farras..Ayo dek...ikut mbak...main disana yuk...ada...ikan lho...sayangnya Farras gak mau kalo gak sama Umminya..tapi kalo ditawari es krim..langsung deh...mau........kalo es krim sih, emaknya juga mau...kaleee...:)

Semua Ibu pasti pahamlah...kerjaan rumah tangga yang bejibun alias banyak dan gak habis-habis...ngepel, masak, nyuci piring, nyuci baju, setrika dll. Karena saya gak da ART...pekerjaan rumah tangga saya kerjakan semampunya...kalo masak, tiap hari Insya Allah bisa...tapi kalo ada lemburan kerjaan kantor, ya..beli saja deh...:) setrikaan juga baru kukerjakan saat malem banget waktu anak dah tidur dan emaknya terbangun...cucian juga begitu...Alhamdulillah saya punya suami yang ringan tangan, tidak gengsian membantu kerjaan RT istrinya...sayangnya beliau tidak setiap hari menemani saya setiap hari..yup, saya dan suami adalah pasangan LDR..bertemu hanya seminggu sekali. karena berbagai hal dan kondisi itulah, saya lebih memilih bersikap fleksibel...mengerjakan pekerjaan RT semampunya...kerja di kantor juga gak ngoyo mengejar karier..yah...biasa-biasa saja...karena sebagaimana ibu-ibu yang lain, dalam lubuk hati terdalam...betapa saya ingin melalui hari-hari bersama Farrasku..tanpa jeda.

Semuanya memang pilihan...dan pilihan yang sudah diambil pun harus disyukuri...Saya memang bukan Supermom...lebih tepatnya adalah Saya mau belajar menjadi Super Mom..semoga bisa. tolong diamini ya temans :)

No comments:

Post a Comment